Meski Maju, Teknologi Fasade Indonesia belum Sejajar dengan Luar Negeri

Ir. Zain Muhammad Yani saat memberikan materi Teknologi Bahan kepada mahasiswa Arsitektur ITN Malang, Sabtu (14/12/19). (Foto: Yanuar/humas)

Malang, ITN.AC.ID — Dalam teknologi bahan khususnya perkembangan teknologi fasade, Indonesia sudah tergolong maju, namun sayangnya belum bisa disejajarkan dengan luar negeri. Hal ini diungkapkan oleh Ir. Zain Muhammad Yani saat memberi Kuliah Tamu Teknologi Bahan kepada mahasiswa Arsitektur Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, di kampus 1 pada Sabtu (14/12/19).

“Kita sudah hampir sama dengan luar negeri (teknologi fasade), tapi belum sejajar. Di luar negeri lebih canggih punya mesin fasade engineering, Indonesia belum punya,” ujar Yani di hadapan 130 mahasiswa Arsitektur ITN Malang.

Dikatakan oleh Yani, bangunan tampak muka/luar gedung sekarang ini sudah beragam bentuknya. Ada yang berbentuk kotak, persegi, ditata baik vertikal, horizontal bahkan miring. Bahan-bahan pendukungnya membutuhkan penyesuaian yang perlu dipelajari dengan teknologi sekarang.

image_pdfdownload PDFimage_printprint

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *