Laboratorium

INSTALASI KELISTRIKAN DAN JARINGAN DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK T.ELEKTRO INDUSTRI D-IV ITN MALANG

Laboratorium instalasi kelistrikan dan jaringan distribusi tenaga listrik T.Elektro Industri D-IV ITN Malang mengembangkan hardskill mahasiswa dibidang distribusi dan instalasi listrik serta meningkatkan skill mahasiswa di bidang Instalasi Tegangan Menengah. Mahasiswa melakukan praktek secara langsung dilapangan dan dilengkapi dengan peralatan safety, juga untuk memahami Sistem Distribusi, penentuan pengamanan panel Tegangan Menengah 20 kV dan mempelajari catudaya jaringan Tegangan Menengah serta instalasi penerangan, sistem recloser pada jaringan distribusi, dan analisis rugi-rugi daya yang dilengkapi dengan alat ukur yang memadai.

selain itu di Laboratorium instalasi kelistrikan dan jaringan distribusi tenaga listrik mahasiswa  juga mempelajari dan menganalisa optimasi pada sistem transmisi distribusi, perbaikan faktor daya, dan perencanaan operasi & sistem transmisi distribusi tenaga listrik. Dan telah menjadi tempat uji kompetensi dengan skema Operator Connecting yang dilaksanakan bersama dengan LSP ELEKTRONIKA NASIONAL.

Laboratorium instalasi kelistrikan dan jaringan distribusi tenaga listrik T.Elektro Industri D-IV ITN Malang ini melaksanakan beberapa jenis praktikum yaitu :

  1. WORKSHOP INSTALASI LISTRIK (LV, MV)
  2. WORKSHOP MANAJEMEN PROYEK
  3. WORKSHOP PENGOPERASIAN DAN PEMELIHARAAN JARINGAN
  4. JARINGAN DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK
  5. SISTEM PROTEKSI TENAGA LISTRIK
  6. PENGUJIAN SISTEM ELISTRIKAN

LAB. WORKSHOP T.Elektro Industri D-IV ITN Malang

Dalam menunjang perkuliahan serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dan mengkoordinir kebutuhan mahasiswa yang telah didapatkan pada bangku kuliah, Program Studi T.Elektro Indsutri D-IV memiliki beberpa prasarana antara lain Lab. Work Shop. Dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan Laboratorium workshop T.Elektro Indsutri D-IV ini antara lain Instalasi Listrik, Proyek Instalasi, pembuatan panel, penggunaan Solar cell, cara menggulung trafo dan motor listrik serta sistem pengendaliannya, diharapkan mahasiswa mampu menganalisa, merencana dan mengawasi, menguji serta mencari solusi untuk suatu permasalahan teknis yang dihadapi dalam suatu pekerjaan di dalam bidang kelistrikan dan melakukan langkah-langkah perbaikan.

Selain itu Laboratorium workshop T.Elektro Indsutri D-IV juga digunakan dalam pengembangan riset yang dilakukan oleh mahasiswa ataupun dosen. Laboratorium workshop T.Elektro Indsutri D-IV ini bertempat di gedung Laboratorium lantai 1, dengan daya tampung sekitar 20-30 mahasiswa. Laboratorium workshop T.Elektro Indsutri D-IV dilengkapi AC dan sirkulasi udara serta fasilitas penunjang perkuliahan seperti LCD Proyektor, White Board, Alat & Bahan Praktikum, Meja dan Kursi Perkuliahan, kotak P3K, baju Lab, display gambar aturan menurut PUIL, sehingga membuat mahasiswa dan dosen nyaman dalam beraktifitas. Media praktikum meliputi : Tool set mekanik, Modul Sollar Cell, Modul PLC Omron, Penekuk Plat dll.

Laboratorium workshop T.Elektro Indsutri D-IV melaksanakan beberapa jenis praktikum yaitu :

  1. PENGUKURAN LISTRIK DAN INSTRUMENTASI
  2. MESIN LISTRIK
  3. PENGGUNAAN DAN PENGENDALIAN MOTOR LISTRIK
  4. PERAWATAN PERBAIKAN MESIN LISTRIK
  5. STANDARISASI & REGULASI KELISTRIKAN
  6. BENGKEL ELEKTROMEKANIK 2
  7. TRANSFORMATOR
  8. CATHODIC PROTECTION

Perancangan Sistem Kelistrikan Dan Kendali T.Elektro Industri D-IV ITN Malang

 Di dalam laboratorium perancangan sistem kelistrikan dan kendali T.Elektro Industri D-IV ini mahasiswa menggunakan software PLC dan Scada serta sistem kontrolnya. Diharapkan mahasiswa akan mengerti dan memahami konsep kontrol PLC dan mikrokontroler serta mampu menerapkan desain mikroprosesor untuk pengkondisian sinyal dan kontrol prosesor sistem tenaga di industri. Kegiatan praktikum ini dilaksanakan pada setiap semester genap dan ganjil.

laboratorium perancangan sistem kelistrikan dan kendali T.Elektro Industri D-IV mengembangkan aplikasi sistem mikrokontroler untuk pendidikan dan terapan sistem kendali dengan implementasi Artificial Inteligent. Pembelajaran di laboratorium ini meliputi teknik antarmuka, sistem mikroprosesor lanjut, dan embedded system.

laboratorium perancangan sistem kelistrikan dan kendali T.Elektro Industri D-IV melaksanakan beberapa jenis praktikum yaitu :

  1. WORKSHOP PLC, DCS DAN SCADA
  2. RANGKAIAN LISTRIK I
  3. MENGGAMBAR TEKNIK KELISTRIKAN
  4. TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)
  5. ANALISA SISTEM TENAGA I
  6. ANALISA SISTEM TENAGA II
  7. ELEKTRONIKA DAYA
  8. INSTRUMENTASI & OTOMASI INDUSTRI
  9. DESAIN INSTALASI TENAGA LISTRIK
  10. RANGKAIAN LISTRIK 2
  11. MIKROKONTROLLER DAN TEKNIK ANTAR MUKA
  12. WORKSHOP ETAP POWER STATION DAN ECODIAL